Istighosah Akbar

Setiap Sabtu pertama tiap bulan PPME AIA mengadakan acara Istighosah Akbar. Jemaah yang datang bervariasi mulai anggota samapai manyarakat sekitar dan di luar Amsterdam.

Jema’ah berjumlah sekitar 50-200 setiap pertemuan.

Acara dimulai jam 18:00 – selesai

Dalam acara ini PPME AIA memberikan konsumsi gratis/makan malam kepada jemaah yang datang. Konsumsi ini biasanya atas disponsori oleh toko/warung/individu. Anda juga bisa mensponsori acara ini, silahkan hubungi ibu Muti : +31 6 16654446

PPME Al Ikhlash mengundang semua kalangan Muslim untuk menghadiri dan mengenal acara yang juga menjadi budaya dari Indonesia ini

Koordinator:  Ustadz Tamzil

Konsumsi: Ibu Muti Kamal +31 6 16654446

Asal-usul

Kata “istighotsah” berasal dari “al-ghouts” yang berarti pertolongan. Dalam tata bahasa Arab kalimat yang mengikuti pola (wazan) “istaf’ala” atau “istif’al” menunjukkan arti pemintaan atau pemohonan. Maka istighotsah berarti meminta pertolongan. Seperti kata ghufron yang berarti ampunan ketika diikutkan pola istif’al menjadi istighfar yang berarti memohon ampunan.

 

Jadi istighotsah berarti “thalabul ghouts” atau meminta pertolongan. Para ulama membedakan antara istghotsah dengan “istianah” meskipun secara kebahasaan makna keduanya kurang lebih sama. Karena isti’anah juga pola istif’al dari kata “al-aun” yang berarti “thalabul aun” yang juga berarti meminta pertolongan.

 

Istighotsah adalah meminta pertolongan ketika keadaan sukar dan sulit. Sedangkan Isti’anah maknanya meminta pertolongan dengan arti yang lebih luas dan umum. Istighotsah sebenamya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan kata istighotsah konotasinya lebih dari sekedar berdoa, karena yang dimohon dalam istighotsah adalah bukan hal yang biasa biasa saja. Oleh karena itu, istighotsah sering dilakukan secara kolektif dan biasanya dimulai dengan wirid-wirid tertentu, terutama istighfar, sehingga Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan Tersebut.

 

Berikut ini adalah doa-doa yang dibaca dalam istighotsah, sebagaimana dalam buku “Panduan Praktis Istighotsah” oleh Pengurus Pusat Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU):

  1. Pembawa acara mengwali dengan pembacaan Alfatihah

  2. Pembacaan Hajat Majlis { Alfatihah }

  3. Pembacaan Surat Yasin ( Alfatihah )

  4. Pembacaan Surat Alwaqiah ( Alfatihah )

  5. Pembacaan Asma Al Husna (Alfatihah )

  6. Pembacaan Bait-Bait Istighotsah (Alfatihah)

  7. Ceramah Agama + Doa (30 menit)

  8. Penutup Dengan Doa Kaffarotu Al-Majlis (subhanakallahumma Wa Bihamdika Asyhadu Alla Ilaha Illa Anta Astagfiruka Wa Atubu Ilaika )

  9. Ramah Tamah

Pengajian Minggu

 

Tiap minggu PPME Al Ikhlash mengadakan acara pemberian tausiyah keagamaan, yang terbuka untuk umum; bebas dari jenis kelamin, umur ataupun latar belakang. Pengajian ini kebanyakan diikuti oleh orang tua para murid madrasah dan ibu-ibu muda. Materi kajian meliputi Tafsir Al Qur’an, Hadits, Fikih, dan Akhlak Tasawuf

Jadwal: 13.30 -16.00

Materi yang diberikan tiap minggunya berbeda dan bahasa pengantarnya adalah Indonesia.

Ahad 1: Tasawwuf, dibimbing oleh Ust. Advan Navis

Ahad 2: Tajwid dibimbing oleh Ust. Mizar Ahmad

Ahad 3: Tafsir dibimbing oleh Ust. Mohammad Tamsil

Ahad 4: Fiqih kitab Fathul Qorib dibimbing oleh Ust. Nur Fatah

Ahad 5: Special acara ibu-ibu (Mutqiyah) / culinair ibu Lili

Koordinator: Ustad Tamzil

Sekertaris: Robert Fatah

PPME DUTI

(Dutch Talk Islam)

 

PPME Al Ikhlash Amsterdam ingin mengundang bapak/ibu untuk berdialog/berdiskusi/bersilaturahim di acara PPME AIA yang bernama PPME DUTI. Mungkin anda baru dengan Islam, ingin tahu tentang Islam atau ingin lebih tahu tentang Islam, anda bisa gabung dengan grup ini.

Acara ini diberikan dalam bahasa Belanda.

Setiap Minggu ke-1 dan ke-3 dan diasuh oleh Bapak Abdurahman Mittendorf. Acara ini bersifat terbuka, interaktif dan siapapun boleh gabung.

Yang dibahas tiap minggunya adalah Tafsir dari Al Qur’an dan juga tema tambahan. Tema yang dibahas sangat bervariasi, anda juga bisa mengajukan tema. InshaAlah bersama kita bisa saling belajar dari satu sama lainnya untuk mengenal dan mendekatkan diri ke Sang Pencipta.

Setiap pertemuan ada “cerita” yang akan dibahas dan kami berharap semua yang datang untuk turut mengungkapkan pemikirannya. Ada waktunya untuk dialog, ada waktunya untuk presentasi dan ada waktunya untuk bertanya.

Semoga bapak/ibu anggota PPME AIA bisa meluangkan waktu. Karena dalam acara ini penting sekali untuk hadir secara kontinyu agar semua bisa mengikuti topik yang dibicarakan.

 

13:00 - 16:00

Bahasa: Nederland

Koordinator:  Dhr. Abdurrahman Mittendorf +31 631 24 46 50

Pengajian Rabu

 

Dalam menjalin silaturahim, di hari Rabu sore ibu-ibu aktif mengadakan pengajian yang anggotanya terbatas untuk wanita. Saat ini umur anggota bervariasi antara 30-75 tahunan. Isi dari pengajian ini bervariasi, dari tahsin Al’quran, kultum sampai ke sholawat nabi. Pengajian rabu ini tidak mendatangkan ustadz khusus namun diisi sendiri oleh para anggota yang telah berkecimpung dibidang pengajaran al Qur’an selama berpuluh tahun.

Pengajian ini sifatnya terbuka untuk siapa saja yang ingin menjadi anggota pengajian Rabu.

Disamping untuk silaturahmi dan meningkatkan ilmu keagamaan, aktivitas dan kegiatan grup ini mancakup kelahiran, kematian, musibah, keberangkatan hadj/umrah.

Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

 

Koordinator: Mw Hazrah, Mw. Mutqiyah

Waktu : 16.00- 19.00

Telefoon Mw. Mutqiyah: 0610833229

IQRA 

 

Anda ingin belajar membaca Al Qur’an di suasana yang santai dan menyenangkan? Silahkan bergabung dengan acara “IQRA/LEES” yang kami buat spesial untuk para bapak-bapak atau remaja putra.

Tidak masalah apa anda masih mulai belajar atau sudah mahir membaca Al Qur’an, semua bisa ikut acara ini untuk saling membantu memperbaiki bacaan.

Acara ini dua minggu sekali di hari Kamis malam dari jam 19:00-21:00 .

Silahkan mendaftar ke koordinator.

Acara ini dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Belanda

Koordinator: Dhr. Ronald Ali Moestar Tel. +31 6 14728266

Dua minggu sekali 19:00-21:00 

Untuk siapa: Khusus bapak-bapak/remaja lelaki

Bahasa: Nederland & Indonesia

Sholawat Barzanji

 

Sholawat merupakan salah satu kegiatan yang sangat mendarah-daging di Indonesia. Bukan hanya mengharumkan nama junjungan nabi kesayangan kita, tapi juga merupakan suatu bagian dari kebudayaan di Indonesia yang dipopulerkan oleh Wali Songo.

Ada berbagai macam jenis sholawat yang ada, saat ini PPME AIA ingin mengembangkan Sholawat Barzanji bersama semua anggota.

Setiap pertemuan akan dibukan dengan Zikir, Tahlil, Sholawat Barzanji dan sholat berjamaah.

Tiap Sabtu ke-3 18:00 - selesai

Dibawah bimbingan Bpk. Muzayin + 31 644145252

Bahasa: Indonesia

Sholat Jumat

Setiap jumat di mesjid PPME AIA. waktu disesuaikan dengan jadwal sholat dzuhur saat itu.

 

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now