Layanan

PPME Al Ikhlash Amsterdam levert verschillende diensten, en dat beperken we niet alleen tot de Islamitische/religieuze diensten, maar ook praktische diensten als workshops, trainingen ed. Alle diensten zijn voor iedereen, dus niet alleen voor de leden van PPME Al Ikhlash Amsterdam. Onze leden en ook leden van andere PPME afdelingen hebben weliswaar voordelen bij deze diensten.

Masuk Islam

 

Anda tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang Islam? Atau mungkin anda telah mencari tahu tentang Islam dan ingin kembali dan berserah diri ke Sang Pencipta? Berpindah dan merubah diri menjadi muslim adalah hak setiap manusia, karena Muslim tidak terbatas pada asal usul, warna kulit ataupun ras, siapapun bisa menjadi Muslim. PPME Al Ikhlash Amsterdam bisa membantu dan memberikan bimbingan kepada anda.

Disaat anda menjadi Muslim, anda akan memiliki keluarga besar baru, yaitu keluarga besar Muslim.

Teknis pelaksanaan masuk islam adalah sebagai berikut:

  1. Calon mu’allaf dimohon mengisi formulir disini

  2. Calon mu’allaf menyerahkan tanda identitas dan pas foto berwarna sebanyak 2 lembar

  3. Diperlukan 2 saksi Muslim

Proses pengislaman tidak dikenakan biaya (gratis) dan memakan waktu selama 30 menit

Van harte gefeliciteerd en welkom in onze familie

Koordinator Dakwah:

Bp. Ustad Tamzil +31 684868980

Sekertaris Geloofzaken: Dhr Robert Fatah +31633730411

Masuk Islam bisa dilaksanakan tiap hari Jum'at sesudah sholat Jum'at. Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Kemungkinan untuk hari yang lain adalah minggu sore dari jam 16:30.

Pernikahan

 

PPME Al Ikhlas dengan senang hati akan membantu jamaah yang hendak melaksanakan pernikahan. Beberapa hal yang harus diperhatikan baik sebelum dan saat pernikahan berlangsung, sebagai berikut :

  1. Kedua calon mempelai adalah beragama Islam

  2. Kedua calon mempelai mengisi formulir permohonan pernikahan PPME Al Ikhlash Amsterdam.

  3. Saat pernikahan, wali dari pihak perempuan harus hadir. Wali adalah Ayah, kakak/adik, paman, atau saudara terdekat perempuan yang beragama Islam

  4. Apabila tidak ada wali dari pihak perempuan, maka pihak mempelai menyerahkan perwalian (wali hakim) kepada panitia PPME Al Ikhlash

  5. Saat pernikahan, wajib dihadiri dua orang pria dewasa yang sehat rohani dan beragama Islam

  6. Pihak mempelai mempersiapkan hadiah yang akan diberikan kepada mempelai perempuan sebagai syarat syah pernikahan (mahar)

  7. Pihak mempelai mempersiapkan persyaratan pendukung :

    1. fotokopi identitas yang masih berlaku

    2. fotokopi bukti nikah atau tanda bukti hidup bersama yang diakui oleh pemerintah setempat

    3. Foto berwarna kedua mempelai sebanyak 2 lembar

    4. Membayar biaya pernikahan sebesar

      1. Pernikahan di masjid al Ikhlash €150,-

      2. Pernikahan di luar masjid di sekitar Amsterdam €150,-

Hadj / Umrah Fonds

 

Haji dan Umrah

PPME AIA membuka layanan Haji dan Umrah untuk umum. Kami bekerja sama dengan salah satu tour & travel yang berpengalaman dalam memberangkatkan jema’ah haji ataupun umrah dari Amsterdam.

 

Tabungan Hadj/Umrah

Bagi anggota yang berniat menunaikan ibadah haji maupun umroh, PPME AIA menyediakan fasilitas Tabung Haji/Umroh. Melalui Tabung Haji/Umroh, anggota PPME AIA dapat disiplin menabung untuk biaya haji/umroh dengan cara menyetor secara bulanan atau sekaligus. Tabungan ini bersifat bebas sesuai kemampuan tanpa ada paksaan sedikitpun. PPME AIA hanya ingin memfasilitasi anggotanya yang ingin menunaikan ibadah hadj/umrah.

Minimal setoran uang tabungan per bulan:

  • Hadj €25,- per bulan

  • Umrah €10,- per bulan

 

Donasi/Hadiah

Selain itu tiap individu juga dapat menyumbang donasi atau hadiah kepada anggota lain yang hendak melaksanakan haji pertama melalui Tabungan Haji. Seseorang bisa juga membukakan tabungan haji/umrah ini sebagai hadiah ulang tahun, anniversary atau hari spesial apapun untuk anggota PPME AIA sebagai pendorong motivasi untuk membantu sesama segera menunaikan ibadah ke tanah suci.

Bantuan dari PPME AIA

Untuk memberikan semangat dan motivasi kepada anggotanya, PPME AIA memberikan kontribusi untuk calon jemaah haji yang akan melaksanakan haji melalui PPME AIA. Tiap setoran pertama sebesar €100,- anggota akan memperoleh €100,- dari PPME AIA, dan bila dana sudah terkumpul utuh (€5000,- untuk tahun 2018) untuk berangkat haji, PPME AIA akan tambahkan €100,- lagi, sehingga anda akan mendapat total €200,- bantuan dari PPME AIA.

Kontribusi di atas hanya berlaku bagi anggota yang menggunakan Tabung haji/umroh untuk melaksanakan Program haji/umrah bersama PPME AIA.

Dana tabungan dapat anda setorkan ke Rekening:

  • a.n. PPME AIA – Hajj Umroh.

  • No. IBAN: NL21 INGB 0006 8993 49

Untuk info lebih lanjut silakan hubungi sekretaris Haji/umrah ibu Lydia :+31622862821

Pemakaman secara Islami

 

Jika saudara/keluarga anda meninggal dunia, segera telfon nomor darurat tim kematian PPME AIA:

  • Bpk. Hansyah Iskandar +31641196299 (NL) of

  • Bpk. Ustad Tamzil +31 684868980 ( ID)

Kami siap membantu dan mengambil alih segala kebutuhan logistik dari administrasi sd pengurusan asuransi.

Cara kerja

 

Layanan kematian PPME AIA mengakomodir kemua kebutuhan prosesi pemakaman secara Islami dari awal seperti pembayaran berbagai macam kebutuhan sampai prosesi selesai agar keluarga yang ditinggalkan bisa dengan lebih tenang melepas kepergian almarhum/mah.

Prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Keluarga telfon nomor darurat tim kematian PPME AIA

  2. Tim akan datang secepatnya  ke lokasi.

  3. Tim akan menanyakan surat wasiat, jika tidak ada, akan dibicarakan dengan keluarga mengenai keinginan almarhum/ah dan membuat daftar hal-hal penting yang harus dilaksanakan.

  4. Keluarga memberikan tugas  kepada tim PPME AIA secara tertulis.

  5. Tim PPME AIA akan mengambil alih semua tugas dan keperluan yang harus dilaksanakan dari keluarga. Dari administrasi s/d penguburan atau repatriasi ke negara asal. Kehilangan anggota keluarga adalah sesuatu yang berat dan membawa kesedihan, karena itulah PPME AIA akan membantu meringankan beban keluarga.

  6. Keluarga akan mendapatkan nomor yang selalu bisa dihubungi sebagai kontak.

Nederlandse Les "Hoe Gaat Het?"
( Program di stop)

Hoe Gaat Het?

Untuk meningkatkan pelayanan bagi anggota P.P.M.E. Al-lkhlash Amsterdam, PPME AIA menawarkan kursus baru yaitu kursus bahasa Belanda yang diberi nama “Hoe Gaat Het”. Kursus ini mencakup semua aspek dari bahasa Belanda seperti, situasi sehari-hari yang biasa ditangani melalui teks yang menyenangkan dan mudah diikuti. Siswa secara bertahap mempelajari segala macam fakta menarik tentang budaya Belanda.

 

Untuk Siapa?

Pelajaran bahasa Belanda ditawarkan oleh P.P.M.E. AiA untuk untuk semua anggota yang terdaftar di administrasi dan kalangan umum yang tertarik untuk belajar atau memperbaiki bahasa Belanda.

 

Berapa biayanya?

Pelajaran bahasa Indonesia ditawarkan secara cuma-cuma oleh organisasi untuk anggota asosiasi.

Guru yang ditunjuk memberikan pelajaran dengan sukarela.

Kapan pelajaran diberikan?

Tiap hari Jum’at jam 19:30-21:00

 

Muda atau tua tidak masalah. Anda tetap bisa mendaftar, Ayo ikutan!

Hadj en Umrah

 
PPME AIA kembali aktif menyediakan layanan haji/umroh kepada masyarakat muslim di Belanda. Kami bekerja sama dengan travel umroh berpengalaman yang telah membawa banyak jema'ah dari Amsterdam ke kota suci untuk melakukan ibadah haji ataupun umroh.


PPME Al Ikhlash Amsterdam menghantarkan rangkaian ziarah ibadah Amsterdam - Arab Saudi - Amsterdam dengan dipandu oleh pembimbing berbahasa Indonesia dan juga bahasa Belanda. Hotel tempat menginap selalu diusahakan berjarak dekat dengan masjidil Haram di Mekkah atapun Masjid Nabawi di Madinah.

Sebelum berangkat, PPME AIA secara rutin mengadakan bimbingan manasik in sya Allah, agar setiap peserta dapat melakukan ibadah mereka dengan baik sesuai sunnah. Acara bimbingan rutin di tiap bulan di minggu ke-4 ini terbuka pula untuk semua anggota PPME AIA, sebagai sarana dakwah untuk menambah pengetahuan anggota mengenai Rukun Islam ke 5 ini.


Anda dapat langsung mendaftar untuk perjalanan haji, umrah ataupun keduanya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim Haji PPME AIA melalui:

secretaris: Ibu Lydia +31622862821

Zakat Centre

 

Berdasarkan kebutuhan anggota PPME AIA untuk dapat menyalurkan kewajibannya membayar zakat, maka dibentuklah Zakat Center.

Zakat Center sebagai bagian dari dakwah PPME AIA diproyeksikan untuk menjadi sebuah badan amil zakat yang mengelola zakat infaq dan sedekah (ZIS) bukan saja dari anggota PPME AIA tetapi juga masyarakat muslim Belanda, terutama di North Holland yang membutuhkan.

 

Badan ini nantinya akan mengumpulkan dan sekaligus juga mendistribusikan ZIS ke pihak-pihak yang berhak menerimanya. Zakat Center juga membuka konsultasi khusus untuk membantu anggota menghitung zakat mal yang harus dibayarkan dan juga masa haulnya.

Sementara untuk pembayaran Zakat Fitrah, Zakat Center membuka kesempatan mulai awal Ramadhan sampai dengan sehari sebelum Idul Fitri, untuk memudahkan pendistribusian.

Idealnya Zakat Center memiliki beberapa rekening yang memisahkan antara Zakat (wajib) dan Infaq dan Sedeqah (sunnah), karena pemakaiannya berbeda dalam syariah. Namun saat ini, hanya ada satu rekening saja untuk penerimaan Zakat yaitu no rekening

NL75 INGB 0001 4444 55

 

 

 

Sedangkan untuk Infaq dan Sedekah selain dapat disalurkan ke rekening Zakat Center (harap tulis keterangan untuk Zakat, Infaq atau Sedekah) dapat juga ke berbagai rekening PPME AIA, diantaranya:

  • Rekening Pembangunan Masjid NL58 INGB 0006 2643 03

  • Rekening Haji dan umroh sebagai hadiah NL21 INGB 0006 8993 49

  • Rekening Pengelolaan Masjid PPME AIA (Stichting Vastgoedbeheer) NL37 INGB 0007 0639 61

  • Atau langsung ke kotak amal yang tersedia di Lobi Cultural Center PPME AIA.

Les Bahasa Indonesia 

Untuk meningkatkan pelayanan bagi anggota P.P.M.E. Al-lkhlash Amsterdam, kami memperkenalkan kursus baru pada pertengahan November 2018. Les Bahasa Indonesia dengan dosen ibu Farida.

Kursus ini mencakup semua aspek dari bahasa lndonesia seperti situasi sehari-hari yang biasa ditangani melalui teks yang menyenangkan dan mudah diikuti. Siswa secara bertahap mempelajari segala macam fakta menarik tentang lndonesia dan budaya lndonesia.

Pelajaran diberikan oleh Saudara Hansyah lskandar Putera.

Untuk Siapa?

Pelajaran bahasa Indonesia ditawarkan oleh asosiasi P.P.M.E. AiA. Pelajaran ini terutama ditujukan untuk semua anggota asosiasi yang terdaftar di administrasi yang tertarik untuk belajar atau memperbaiki bahasa Indonesia, Dan juga dipersilahkan untuk yang bukan anggota.

 

Berapa biayanya?

Pelajaran bahasa Indonesia ditawarkan secara cuma-cuma(gratis) oleh organisasi untuk anggota PPME AIA.

Secara sukarela, guru yang ditunjuk memberikan pelajaran bahasa Indonesia. Bagi yang bukan anggota dikenakan biaya sukarela untuk sumbangan / shadaqoh mesjid.

 

Frekuensi Kursus?

Pelajaran bahasa indonesia diberikan: 2x sebulan

Minggu ke-1 dan ke-3

Durasi: pelajaran memakan waktu 1 jam Waktu: 11.00 – 12.30.

Alasan untuk saat ini adalah karena bertepatan dengan hari pengajaran kelompok berbahasa Belanda yang dipimpin oleh Bapak Abdurrahman.

Dimana pelajaran yang diberikan?

Pelajaran bahasa Indonesia diberikan di gedung P.P.M.E AiA di lantai 2.

 

Daftar:

Untuk mengikuti pelajaran, Anda harus mendaftar lewat email:ppmeyouth@gmail.com

 

Kapan pelajaran dimulai?

Kursus sudah dimulai pada tanggal 29 September 2019.Kami berusaha untuk memberikan kursus yang berkualitas dan ‘tidak’ tergantung jumlah siswa. Kami tentu berharap agar lebih banyak anggota mendaftar. Muda atau tua tidak masalah.

Anda tetap bisa mendaftar, ayo ikutan!

Yayasan Property Management PPME AIA 

Lounge Service
(sementara tidak disewakan dulu karena rencana renovasi mesjid)

Memanfaatkan lokasi gedung yang strategis, antara Schiphol dan Amsterdam Centre, VGB membuka pelayanan untuk turis maupun pelancong bisnis yang hendak beristirahat di sela waktu transit. Anda bisa beristirahat di lounge PPME Al Ikhlash Amsterdam.

 

Tarif

  • 2 jam €10,-/orang

  • 4 jam €15,-/orang

 

Fasilitas

  • Ruang sholat yang luas

  • Tempat wudhu

  • Teh/kopi gratis

  • Wifi

  • Vending Machine

  • Makanan halal bisa dipesan €10,- per porsi

 

Insyaa Allah nantinya akan ada pula fasilitas Airport Shuttle untuk mendukung transit lounge ini.

Untuk informasi selanjutanya, hubungi:

  • Gary +31 6 11736505

  • Andy +31 6 44201640

Yayasan Property Management PPME AIA 

Halal Flexplek​
(sementara tidak disewakan dulu karena rencana renovasi mesjid)

 

Fasilitas tempat kerja flexible halal untuk anggota dan non anggota PPME berupa tempat kerja yang nyaman dengan berbagai macam fasilitas seperti:

  • Ruangan sholat yang luas

  • Meeting room

  • Lounge

  • Pemakaian printer (tidak termasuk biaya print per sheet)

  • Wifi - fast

  • TV (untuk presentasi)

  • Toilet

  • Tempat parkir yang luas

  • Minuman (koffie/teh)

  • Makanan halah yang bisa dipesan

 

Selain itu, nama perusahaan penyewa akan dipajang di running text di TV lobby mesjid. Penyewa juga dapat meninggalkan kartu nama atau flyer yang dapat diambil oleh tiap anggota yang datang ke mesjid.

 

Tarif sewa tiap bulan per September 2019 (tarif exclusief BTW)

  • Anggota €35,-

  • Non anggota €50,-

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now