Pendidikan 

Peraturan Madrasah

Peraturan mohon Ijin Libur untuk santri Madrasah

  • Bagi murid yang tidak dapat hadir dikarenakan keperluan yang sudah direncanakan jauh sebelumnya, wajib mengajukan permohonan dengan mengisi formulir ijin libur ke sekretaris /penningmeester pendidikan.

  • Bagi murid yang tidak dapat hadir dikarenakan adanya keperluan yang sifatnya mendadak misalnya sakit atau keperluan mendadak lainnya, permohonan ijin dapat disampaikan melalui Whatsapp atau sms.

  • Bagi murid yang tidak aktif selama 3 minggu  berturut-turut tanpa pemberitahuan, maka Pengurus Madrasah akan mengirim surat peringatan sebanyak 1 (satu) kali kepada orang tuanya, jika tidak ada tanggapan dalam waktu satu minggu, maka murid tersebut dianggap berhenti atau keluar dari Madrasah dan kami tempatkan murid tersebut di wachlijst. Apabila akan kembali masuk ke Madrasah maka harus mendaftar kembali sesuai dengan prosedur pendaftaran murid baru pada tahun ajaran baru. Murid tersebut akan dimasukkan kedalam klas yang sesuai dengan niveaunya (melalui test).

  • Bagi murid yang terlambat masuk klas (lewat jam 13.00) atau harus pulang lebih awal dikarenakan sesuatu hal, maka harus meminta ijin dengan mengisi kartu terlambat / pulang awal yang telah disediakan di Madrasah untuk diserahkan kepada guru klas.

  • Demikian, peraturan ini dibuat untuk diikuti oleh semua santri yang belajar di Madrasah PPME Al-Ikhlash Amsterdam. Mari kita bantu meningkatkan kwalitas belajar dan memperlancar jalannya proses belajar di Madrasah dengan menanamkan kedisiplinan dalam mengikuti peraturan Madrasah kepada putra-putri kita.

Madrasah

Bidang Pendidikan PPME Al Ikhlash Amsterdam telah berdiri sejak 2006 dan memiliki beberapa aktifitas yang sifatnya memberikan ilmu keagamaan kepada anak-anak dan juga remaja.

Peningkatan kwalitas keagamaan terasa begitu penting tidak saja karena perkembangan dunia yang cenderung menjauhkan anak-anak dan remaja kita dari nilai Islami, namun juga disebabkan oleh kenyataan bahwa pendidikan tidak saja menjadi tanggung jawab para pengajar atau pengasuh insitusi pendidikan, namun merupakan tanggung jawab bersama.

Saat ini jumlah murid/santri dibawah 16 tahun adalah sekitar 50 orang. Meski kebanyakan santri berlatar belakang Indonesia, ada pula sejumlah santri yang berlatar belakang dari negara-negara lain seperti Nederland, Turki, Suriname ataupun Maroko. PPME AIA membuka pintunya untuk siapa saja yang ingin memberikan tambahan ilmu keagamaan kepada anak-anak tercinta.

Pelajaran diberikan dalam bahasa Belanda dengan guru-guru yang memiliki latar belakang keagaman dan/ latar belakang pedagogis.

Guru pengajar:

  • Ustadz Rezha

  • Ustadz Mustafa

  • Vrijwillig ibu-ibu pengajian minggu

 

Tujuan

  • Mencetak Anak didik yang Soleh dan Solehah

  • Membekali anak usia dini dengan bekal Ilmu agama yang kuat

  • Menerapkan Akhlak Islami dalam era modern.

 

Kurikulum Pelajaran

Aqiedah , Tauhid, Fiqh, Tarik, Akhlak, Tajwid dan membaca Al-Qur’an

Buku Pegangan 

Wajib : Kleine moslim (Klas 1) : Vertel mij over de Islam (Klas 2), Iqro’, Jus ‘Amma, Tajwid ( untuk bahan bacaan di rumah)

Pekerjaan rumah

 

Tiap murid baru akan dikenakan biaya pendaftaran 5 euro .

Setiap daftar ulang/ per tahun ajaran baru akan dikenakan biaya administrasi sebesar 5 euro.

Guru akan memberikan pekerjaan rumah dan diinformasikan di WA groep orangtua madrasah. Tim pendidikan PPME Al Ikhlash Amsterdam menghimbau semua orang tua untuk memberikan bimbingan dan dukungan dari rumah, hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara:

  1. Menanyakan apa ada PR, kalo iya segera atau buat waktu untuk mengerjakan bersama.

  2. Membaca Iqra 10 menit sehari.

  3. Bantu anak-anak menyiapkan tas sebelum berangkat ke Madrasah, kalo bisa serai sebelumnya atau Minggu pagi

 

Persiapan ini sangat penting, karena hal ini inshaAllah tidak hanya akan membantu memotivasi anak untuk siap pergi ke Madrasah tapi juga mempersiapkan diri mereka secara mental/meluruskan niyat untuk belajar dan belajar berdisiplin. InshaAllah langkahnya akan diringankan oleh Allah SWT.

Ujian

 

Tiap 4 minggu kita akan memperkenalkan topik/materi baru, hal ini akan disesuaikan dengan hari besar Islam dan juga materi yang aktual. Di tiap ahir 4 minggu, murid akan diuji pengetahuan mereka tentang pelajaran yang telah mereka terima.

Murid yang tidak datang selama 3x pertemuan berturut turut tanpa ijin yang jelas, tidak akan diperbolehkan untuk ikut ujian dan ditempatkan kembali di wachtlist. Orangtua anak yang bersangkutan akan diberikan peringatan oleh tim pendidikan.

Untuk murid yang tidak bisa hadir dikarenakan hal mendesak, orang tua diharapan aktif mencari tahu pelajaran yang tertinggal. Bahan pelajaran tiap minggu akan dipublish di website tiap minggunya, inshaAllah. Klik disini untuk bahan mingguan Madrasah.

 

Pertemuan dengan orang tua / wali santri

Tiap kuartal akan diadakan presentasi mengenai perkembangan Madrasah secara umum, dan juga informasi perkembangan anak/santri secara individual. Orang tua akan mendapatkan undangan untuk rapat ini. Data tentang pertemuan ini akan diuanggah di kalender PPME Al Ikhlash Amsterdam. (Link)

Praktek / extra pelajaran

 

Tiap tahun akan diadakan berbagai macam extra kulikuler, aktifitas ini tidak fixed, tergantung

tenaga kerja dari PPME AIA yang ada. PPME AIA bekerja sama dengan PCINU yang memiliki

banyak anggota mahasiswa yang sedang menimba ilmu di universitas-universitas di Amster-

dam seperti Vrije Universiteit, baik program master ataupun PhD.

  • Belajar Nasyed/puji-pujian Islam dan bentuk kesenian Islam lainnya untuk ditampilkan                                                                                                                  pada acara-acara di PPME Al-Ikhlash Amsterdam, seperti acara Peringatan Maulid Nabi                                                                                                                  SAW, Tarhib Ramadhan dll.

  • Praktek Menasik Haji pada setiap menjelang hari Raya Idul Adha

  • MTQ / Musabaqah Tilawatil Qur’an pada setiap bulan Ramadhan.

  • Olah Raga dan piknik bersama pada akhir tahun pelajaran / zomer.

  • Pesantren kilat di dalam atau di luar Amsterdam

 

Jadwal Madrasah

Setiap hari Minggu 13.00-16.30

 

Pembagian kelas.

Pembagian kelas dilaksanakan berdasarkan usia anak:

  • Groep 1 : usia 6 s/d 9 th

  • Groep 2 : usia 9 s/d 12 th

  • Groep 3 : usia 13 s/d 16 th

Saat ini untuk siswa yang ingin mendaftar disetiap groep akan kami tempatkan

di wachlijst,dikarenakan jumlah kapasitas murid madrasah saat ini sudah maksimal.

 

Biaya

Untuk anggota PPME AIA yang membayar iuran per bulan atau per tahun, Madrasah tidak                                                                                                             dikenakan biaya.

Kantin

Di tiap hari minggu, sukarelawan bidang konsumsi membuat makanan untuk anak-anak yang tidak membawa bekal yang dijual tiap minggunya. Ini adalah pekerjaan sukarela dan tidak mengambil untung sama sekali, selain harganya yang sangat terjangkau, hasil penjualan akan diberikan 100% untuk masjid. Di grup WA Madrasah & anggota akan diumumkan tiap minggunya tentang makanan apa yang akan dijual dan harganya. Makanan hanya dibuat sesuai pemesanan.

Vending machine: di PPME AIA ada vending machine yang berisi permen, snack dan minuman yang halal.

Tahfidz Qur'an

Tahfidz Al Qur’an adalah program PPME AIA yang bertujuan secara ‘intensif’ untuk:

  1. Belajar membaca Al Qur’an dan Tajwid

  2. Menulis tulisan Arab dengan baik

  3. Belajar menghapal Juz Amma untuk pemula, dan Al Qur’an untuk yang sudah hapal juz Amma

  4. Membaca Al Qur’an sampai hatam

  5. Belajar mengerti arti Al Qur’an

Pelajaran membaca dan menghapal Al Qur’an diberikan dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Belanda. Untuk pemula yang masih belajar membaca Al Qur’an bahasa pengantar tidak akan terlalu mempengaruhi, karena hanya mementingkan pengucapan dan pembacaan saja. Maka dari itu pelajaran kebanyakan menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar.

Untuk santri yang sudah bisa membaca Al Qur’an dengan lancar dan siap menerima pelajaran extra, kita akan berikan tambahan pengertian al Qur’an dan juga kepada santri dewasa. Bahasa yang digunakan inshaAllah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

 

Setiap Jum'at malam 19.00-21.00

Koordinator: Dhr Hasanul Hasibuan

Email: hasanul.hasibuan@gmail.com

Telefoon: 0624948609

Jongeren

 

Bidang remaja memiliki beberapa group dari berbagai umur, yaitu:

  • Remaja umur 12-17 tahun

  • Remaja umur 17-25 tahun

PPME AIA berusaha menhidupkan kembali gairah dan semangat remaja untuk datang dan berpartisipasi di masjid dalam berbagai bidang. Kegiatan yang diorganisasi adalah dari yang berhubungan dengan keagamaan juga yang berhubungan dengan aktualitas di Belanda.

PPME JODA

Acara ini adalah ceramah Islami interaktif untuk pemuda-pemudi diatas umur 16 tahun.

Pembicara adalah narasumber yang berbeda-beda tiap bulannya dan bahasa pengantarnya adalah bahasa Belanda. Topik-topik yang dibicarakan ditentukan sendiri sesuai keutuhan dan permintaan pemuda-pemudi di awal tahun ajaran. Topiknya mencakup berbagai macam aspek dari Islam dilihat dari Filosofi Yunani sampai ke perbedaa mashab dalam Islam

Jadwal acara sementara diusahakan 1 bulan sekali.

 

PPME AIA Club

Get together – Hang out – Chilling – Sport

  • Ketua: Rayhan Nettekove

  • Bendahara: Rafi Iskandar

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now